Selasa, 08 April 2014

HASIL REVIEW MATERI PRESENTASI KELOMPOK 3



Laporan Keuangan Konsolidasi, Teknik, dan Prosedur Konsolidasi

Berikut ini adalah hasil presentasi dari kelompok 3 yang telah saya rangkum, Laporan keuangan konsolidasi merupakan laporan keuangan yang bersisi aktifitas perusahaan induk dan perusahaan anak. Laporan keuangan konsolidasi bertujuan untuk menunjukkan gambaran secara obyektif sesuai dengan posisi dan aktifitas perusahaan, dalam hal tersebut laporan konsolidasi tidak menyesatkan pihak yang berkepentingan.

Sifat-sifat laporan keuangan konsolidasi:
1.      Menunjukkan pengaruh ekonomi usaha
2.      Neraca konsolidasi untuk perusahaan induk dan anak (cabang) aktiva dan kewajiban perushaan anak digabungkan dengan perusahaan induk.
3.      Neraca perusahaan induk melaporkan saham perusahaan anak sebagai investasi.
Masalah-masalah umum pada penyusunan laporan keuangan:
a. Periode penyusunan laporan
b.  Neraca dicatat salah / berbeda dari tahun yang seharusnya dicatat.
c. Jumlah saham perusahaan induk dan harga perolehan berbeda dengan harga buku/harga pasar.

Teknik dan prosedur
Dalam teknik dan prosedur konsolidasi dipengaruhi oleh metode akuntansi. Perusahaan induk mencatat investasi pada perusahaan anak.
1. Eleminasi semua rekening timbal balik
2. Menyusun kertas kerja
Terdapat tiga metode dalam menyusun laporan keuangan konsolidasi, yaitu:
Dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi antara perusahaan induk dan perusahaan anak dapat digunakan 3 metode yaitu :


1.  Metode equitas
Konsep dasar dari metode equitas pada dasarnyamemandang investasi induk perusahaan terhadap anak perusahaan sebagai sesuatu penyertaan modal sehingga jika aktiva bersih anak perusahaan berubah karena kegiatan operasionalnya, secara otomatis akan menyebabkan berubahnya nilai investasi induk perusahaan. Perusahaan induk dan anak merupakan satu kesatuan usaha, seperti halnya hubungan kantor pusat dan kantor cabang.
2.    Metode equitas tidak lengkap
Jika metode equitas diterapkan secara benar, laba bersih perusahaan induk adalah sama dengan laba bersih konsolidasi, dan saldo laba perusahaan induk sama dengan saldo laba konsolidasi. Persamaan jumlah laba dan saldo laba perusahaan induk dan konsolidasi ini tidak selalu ada. Persamaan tersebut tidak ada jika metode ekuitas diterapkan secara tidak benar, atau jika akuntansi metode biaya digunakan untuk investasi perusahaan anak.
3.     Metode harga perolehan(cost method)
Pada metode biaya, yang di pakai untuk mencatat investasi saham-saham anak perusahaan,maka hanya dividen atas saham-saham tersebut (yang telah dibagikan oleh anak perusahhaan)yang diakui sebagai pendapatan (revenue)oleh induk perusahaan.  sebaliknya laba atau rugi atas pemilikan modal (sahan)hanya timbul apabila sebagai atau seluruh jumlah saham yang di miliki tersebut dijual.pada metode biaya bagian dividen yang dibagikan oleh anak perusahaan dicatat debit dalam rekening “piutangdividen(kas)”dengan rekening lawan kredit “penghasilan deviden”

 Pertanyaan dosen
  1. Bagaimana cara mengatasi masalah-masalah umum dalam penyusunan laporan keuangan?
  2. Jawaban: Dengan dibuatnya jurnal koreksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar